PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

Ajak Milenial Bangun Mindset Agro Entrepreneur, BEM Polbangtan Bogor Gelar Webinar




   Direktur Polbangtan Bogor Siswoyo membuka acara secara resmi. Kepada sekitar 200 peserta webinar, dirinya berpesan empat hal. “Untuk menjadi agro entrepreneur harus memiliki Hadir sebagai narasumber tiga praktisi agro entrepreneur diantaranya Hera Wijaya (founder Bongsang.id), Teddy Rahmat ) Petani Hidroponik), dan Azis Abdul Rahman Gunawan (Alumni Polbangtan Bogor, owner S3 Farm). Acara dipandu oleh Fasha Maulana, mahasiswa Prodi Agribisnis Hortikultura yang pernah menjadi Duta Padi Jawa Barat.

Kelima hal itu, menurut alumni  Universitas Muhammadiyah Cirebon ini yang pertama adalah perlu menyiapkan packaging yang aman, spesifik, aman dari kontaminasi. Kedua, sistem pemasaran ala milenial via online. Ketiga, kolaborasi dengan pihak lain yang saling terkait dan saling menguntungkan. Keempat, era healthy food mensyaratkan kualitas produk yang ahrus dijaga. Sedangkan kelima adalah ketika prospek bagus urus perijinan seperti NIB, PIRT, Label Halal, dan lain-lain.

Petani Milenial asal Cianjur ini pun menyebutkan tujuh prinsip dimulai dengan niat dan keyakinan, memiliki kecepatan melihat peluang, pelajari kisah sukses orang lain, siapkan modal, fokus dalam berwirausaha, memiliki kemampuan manajerial, dan lakukan sekarang juga.

Mengakhiri paparannya, Teddy mengajak para milenial untuk melakukan empat hal. Berani untuk memulaidengan menmbulatkan niat sesuai minat dan kemampuan, jangan berpikir ingin cepat untung/kaya, cari hikmah dari kegiatan harian yang dilakukan, serta sempurnakan terus rencana pengembangan kegiatan.

Ruang chat penuh dengan pertanyaan dari partisipan sebagai tanda webinar ini menjadi daya tarik bagi para peserta yang terdiri dari mahasiswa, alumni, penyuluh dan masyarakat umum. Kedepan rencananya BEM Polbangtan Bogor akan menggelar webinar serupa dengan tema dan narasumber yang tidak kalah menarik

Copyright © Kementerian Pertanian RI. All rights reserved.