PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

Berkah Pandemi, Mahasiswa Polbangtan Bogor Aplikasikan Ilmunya Dampingi Petani Jambi




 Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, pun mengamini. Ia menegaskan, mahasiswa Polbangtan/PEPI sudah seharusnya menjadi motor penggerak transformasi pertanian tradisional Indonesia menuju modern, sesuai kodratnya sebagai generasi milenial.

“Semua pasti ada hikmahnya. Meskipun  tidak bisa belajar secara langsung dan rindu dengan suasana kampus, kami dapat belajar secara langsung di lingkungan tempat tinggal kami sendiri. Dengan kondisi seperti ini kami bisa berkontribusi langsung untuk pengembangan sektor pertanian dan peternakan di daerah tempat kami lahir,” ujar salah satu mahasiswi semester 6 Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, Liza Ramadhani.

Berbekal surat yang dikirim oleh Direktur Polbangtan Bogor,  dua mahasiswa ini melaksanakan praktik mata kuliah di BPP Bram sesuai arahan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Tanjung Jabung Barat. Keduanya ditempatkan di Gapoktan Agro Tani yang terletak Desa Jatimas Kecamatan Bramitam Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. 

“Kami sangat senang diterima dengan baik oleh seluruh pihak di BPP Bram Itam dan pihak Desa Jatimas, sehingga kami bisa belajar menjadi penyuluh yang sebenarnya dan menambah pengalaman. Lagipula kalau bukan kami sendiri, siapa lagi yang akan memajukan pertanian/peternakan di tempat tinggal kami,” ujar Baihaqi yang bertekad  untuk bersungguh-sungguh memanfaatkan kesempatan langka ini.