PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

Kerjasama dengan Mercy-USA, Polbangtan Bogor Adakan SL-PTT




   Acara dibuka oleh Rudi Hartono, S.ST., MP, “Pada pertemuan kali ini disampaikan materi tentang kalender tanam oleh Bapak Musyadar, sedangkan narasumber kedua akan membahas tentang Sosialisasi GAP Padi Organik. Sebelum acara dimulai dilaksanakan post-test pada akhir acara. Hal ini bertujuan untuk mengukur atau mengevaluasi tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan pada oleh narasumber”.

Setelah pelaksanaan pretest, lanjut pemaparan materi dari narasumber pertama yaitu Achmad Musyadar, SE., MM, “penting adanya penentuan kalender tanam sebelum diadakannya budidaya pertanian. Hal ini bertujuan untuk memperkirakan waktu kegiatan per budidaya tanaman, sebagai pedoman sesuai dengan GAP budidaya padi organik, serta bisa digunakan untuk memperkirakan kebutuhan input budidaya pertanian sehingga tepat jumlah sesuai dengan umurnya”.

Good Agricultural Practices bertujuan untuk menghasilkan produk yang aman untuk dikonsumsi. Komponen keberhasilan GAP adalah aman konsumsi pangan, pengelolaan lingkungan dengan benar, keamanan kesehatan dan kesejahteraan pekerja lapang, serta jaminan kualitas produk. Pengembangan budidaya padi organik memiliki potensi ekonomi yang besar. Dari segi harga, produk organik lebih tinggi sehingga sebanding dengan input serta biaya perawatannya. Oleh karena itu, perlu diketahui prosedur penerapan GAP untuk mendukung pertanian organik”.

Kegiatan SL-PTT merupakan program yang bertujuan untuk pengembangan sumber daya manusia pertanian. Hal ini merupakan dasar untuk mewujudkan pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Peserta sangat antusias terhadap materi yang telah disampaikan. Beberapa pserta menimpali dengan pertanyaan terkait bahan-bahan materi pada hari tersebut.